Sabtu, 13 Juli 2013

Modul Negara Maju dan Berkembang











 





MODUL 1

NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG
Rounded Rectangle: Standar Kompetensi :
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju

 








Cube: 1. Uraian Materi



A.1 CIRI-CIRI NEGARA MAJU DAN BERKEMBANG


1.       Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang


        Negara maju adalah sebutan untuk negara yang menikmati standar hidup yang relatif tinggi melalui teknologi tinggi dan ekonomi yang merata. Kebanyakan negara dengan pendapatan per kapita tinggi dianggap negara maju. Namun beberapa negara telah mencapai pendapatan perkapita tinggi melalui eksploitasi sumber daya alam (seperti Nauru melalui pengambilan phosphorus) tanpa mengembangkan industri yang beragam dan ekonomi berdasarkan jasa tidak dianggap memiliki status ’maju’    
        Negara berkembang adalah sebuah negara dengan rata-rata pendapatan yang rendah, infrastruktur yang relatif terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global. Istilah ini mulai menyingkirkan Dunia Ketiga, sebuah istilah yang digunakan pada masa perang dingin.
        Berikut beberapa hal yang dijadikan indikator/ ukuran penilaian untuk menggolongkan suatu negara sebagai negara maju atau berkembang.

a.        Pendapatan Per kapita Penduduk
b.       Pertumbuhan Penduduk
c.        Jumlah Tenaga Kerja
d.       Angka Harapan Hidup
e.        Mata Pencaharian dan Pemanfaatan Lahan
f.         Penurunan Buta Huruf
g.        Penurunan Kesenjangan Hidup
h.       Pemanfaatan Sumber Tenaga Mesin dan Listrik
i.         Angka Penurunan Kematian Bayi

Harm J de Blij membedakan negara berkembang dan negara maju di dasarkan pada tingkat perkembangan ekonominya. Karena itu pengelompokan negara berkembang dan negara maju, mengacu pada indikator sebagai berikut.
1.       Pendapatan nasional per kapita, diperoleh dengan membagi jumlah keseluruhan pendapatan Negara per tahun dengan jumlah seluruh penduuk. Bila pendapatan nasional lebih dari 10.000 US$ Negara tersebut dikelompokkan sebagai negara maju. Bila hasil bagi kurang dari 8.000 US$, tergolong negara berkembang.
2.       Struktur mata pencaharian penduduk. Jika persentase tenaga kerja sebagian besar memproduksi bahan makanan pokok, Negara tersebut Negara berkembang.
3.       Produktivitas per tenaga kerja, diperoleh dari seluruh produksi sat tahun dibagi dengan seluruh angkatan kerja.
4.       Penggunaan energi per orang, semakin tinggi penggunaan energi Negara tersebut tergolong negara maju.
5.       Fasilitas transportasi dan komunikasi per orang. Ditentukan dengan panjang jalan kereta api, jalan raya, frekuensi perhubungan udara, telepon, jumlah televisi. Makin tinggi indeksnya makin maju negara tersebut.
6.       Penggunaan logam yang di olah. Semakin banyak logam yang di olah semakin maju negara tersebut.
7.       Ukuran lain adalah tingkat melek huruf penduduk, tingkat penggunaan kalori per orang, tingkat pendapatan keluarga dan jumlah tabungan per kapita.

        Ukuran lain untuk mengklasifikasikan apakah sebuah negara adalah negara maju , negara berkembang atau negara terbelakang yaitu Index Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) . Index Pembangunan Manusia (IPM) / Human Development Index (HDI) adalah pengukuran perbandingan dari harapan hidup , melek huruf , pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia. Index ini pada 1990 dikembangkan oleh pemenang nobel India Amartya Sen dan Mahbub ul Haq seorang ekonom Pakistan dibantu oleh Gustav Ranis dari Yale University dan Lord Meghnad Desai dari London School of Economics dan sejak itu dipakai oleh Program pembangunan PBB pada laporan HDI tahunannya.
        HDI mengukur pencapaian rata-rata sebuah negara dalam 3 dimensi dasar pembangunan manusia:

1.       Hidup yang sehat dan panjang umur yang diukur dengan harapan hidup saat kelahiran.
2.       Pengetahuan yang diukur dengan angka tingkat baca tulis pada orang dewasa  dan kombinasi pendidikan dasar , menengah , atas.
3.       Standard kehidupan yang layak diukur dengan GDP per kapita gross domestic product / produk domestik bruto dalam paritas kekuatan beli purchasing power parity dalam Dollar AS
        Batas nilai bagi negara maju adalah IPM diatas 0.800 (tinggi), negara berkembang mempunyai nilai antara 0.500 sampai dengan 0,800 sedang negara terbelakang mempunyai IPM 0.500 kebawah (rendah). Indonesia termasuk negara berkembang dengan nilai IPM 0.711 (kategori menengah) dan terus menerus meningkat. Pada tahun 2005, Indonesia menempati urutan 110 dari 177 negara, dengan indeks 0.697. Pada tahun 2006 Indonesia mengalami kemajuan dengan angka IPM mencapai 0.711 dan berada diurutan 108, mengalahkan Vietnam yang mempunyai nilai 0.709. Kecenderungan dari angka IPM Indonesia adalah terus menerus naik (0.677 pada 1999, 0.697 pada 2005, dan 0.711 pada 2006) dan semakin mempersempit ketinggalannya dibanding negara-negara lain. Pada tahun 2007 angka IPM Indonesia kembali naik menjadi 0.728. Laporan ini dikeluarkan oleh UNDP pada 27 November 2007, Indonesia berada pada peringkat 108

        Negara yang termasuk 10 besar di dunia dilihat dari HDI berdasarkan laporan UNDP yang dikeluarkan pada 5 Oktober 2009 adalah sebagai berikut:

NO      Nama Negara                        HDI                        
1         Norwegia                               0.971
2         Australia                                0.970
3         Islandia                                  0.969
4         Kanada                                  0.966
5         Irlandia                                  0.965
6         Belanda                                 0.964
7         Swedia                                   0.963
8         Perancis                                 0.961
9         Swis                                        0.960
10       Jepang                                    0.960

Perkembangan Negara, menurut WW Rostow melalui tahapan-tahapan sebagai berikut: (1) Masyarakat tradisional (the tradisional society), (2) Pra kondisi untuk lepas landas (the pracondition for take off), (3) Lepas landas (take off), (4) Derap menuju kematangan (The drive to maturity), dan (5) Tingkat konsumsi massa tinggi (The age of high mass consumption).
1.       Masyarakat Tradisional
Masyarakat tradisional merupakan suatu masyarakat yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a.        Masih belum produktif, cara hidup masyarakat masih menggunakan cara-cara memproduksi yang relatif primitif dan dipengaruhi oleh nilai-nilai yang dicetuskan oleh pemikiran yang tidak rasional, dan oleh kebiasaan yang sifatnya turun-temurun.
b.       Sistem ekonomi belum berorientasi ke pasar, belum adanya aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi modern, jumlah produksi terbatas.
c.        Karena rendahnya produktivitas, maka sebagian besar sumber daya masyarakat digunakan untuk sektor pertanian.
d.       Mobilitas sosial sangat kecil, hubungan dan kesukuan masih sangat dominan dalam organisasi kemasyarakatan.
2.       Pra Kondisi Lepas Landas
Tahap ini merupakan tahap masyarakat yang sedang menuju perubahan, baik dalam bidang ekonomi, sosial, maupun politik.
Dalam corak dari tahap prasyarat untuk lepas landas dibedakan oleh Rostow menjadi dua jenis:
a.        Tahap prasyarat yang dicapai oleh negara-negara tersebut mengalami perombakan masyarakat dari tradisional menuju masyarakat modern.
b.       Masyarakat yang disebut bornfree, yaitu negara yang langsung menuju masyarakat modern tanpa banyak merombak masyarakat tradisional, karena masyarakat tersebut terdiri dari para migran yang berasal dari negara yang memang sudah maju, seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Selandia Baru.
Ciri masyarakat pada tahap ini adalah:
a.        Masyarakat mulai mengubah teknologinya ke arah yang lebih produktif dan efisien,
b.       Budaya masyarakat sudah lebih produktif, sehingga sebagian pendapatannya dalam ditabungkan di lembaga-lembaga produktif.
3.       Lepas Landas (take off)
Pada tahap ini ditandai dengan:
a.        Berbagai usaha produktif terus berkembang, sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi yang cukup berarti untuk memacu berbagai sektor pembangunan.
b.       Tercipta pembaharuan-pembaharuan di berbagai sektor ke arah yang lebih produktif dan efisien.
c.        Akumulasi modal terus bertambah, dan industri menjadi sektor yang memimpin (leading sector) dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Pendapatan nasional terus bertambah, dan pendapatan per kapita penduduk terus meningkat.
4.       Tahap gerak menuju kematangan
Tahap ini dicirikan dengan:
a.        kegiatan ekonomi tumbuh secara terus menerus dan teratur;
b.       penggunaan teknologi modern meluas;
c.        kira-kira 10% sampai 20% pendapatan nasional diinvestasikan;
d.       struktur ekonomi terus mengalami perubahan, industri-industri modern berkembang bergerak ke industri hulu yang padat modal.
5.       Tahap konsumsi Masa Tinggi
Tahap ini dicirikan:
a.        Perkembangan industri lebih mengarah pada produksi yang tahan lama dan jasa keahlian  (expert),
b.       Pendapatan perkapita sampai pada satu titik di mana daya beli masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok sudah tinggi, termasuk barang-barang yang bersifat sekunder dan tersier.

2.       Ciri-ciri negara maju dan negara berkembang


a.       Ciri-ciri Negara Berkembang
Ciri-ciri negara berkembang pada umumnya adalah:
1)       Tingkat kehidupan rendah, bisa dilihat dari beberapa aspek antara lain:
a) Pendapatan perkapita penduduk masih rendah
b) Tingkat pendidikan penduduk masih rendah
c) Tingkat kesehatan rendah
d) Angka harapan hidup tergolong rendah
2)       Produksi barang-barang primer masih dominan, seperti pertanian.
3)       Adanya masalah tekanan penduduk, yaitu meliputi:
a) Tingkat pengangguran yang tinggi
b) Tingkat Pertumbuhan Penduduk Tinggi
c) Tingkat Produktivitas Rendah
d) Tingginya kemiskinan kemelaratan
e) Beban tanggungan tinggi
f)  Ketergantungan terhadap bangsa lain tinggi dan mudah terpengaruh
4)       Sumberdaya alam belum banyak diolah
5)       Kekurangan modal
6)       Ketergantungan pada impor hasil industri, dan ekspor dari hasil pertanian.
b.       Ciri-Ciri Negara Maju
Ciri-ciri negara maju adalah sebagai berikut:
1)       Tingkat pertumbuhan penduduk kecil
2)       Kegiatan ekonomi berbasis industri dan jasa
3)       Sebagian besar penduduk tinggal di perkotaan
4)       Angka harapan hidup tinggi
5)       Pendapatan perkapita tinggi
6)       Memiliki taraf kehidupan yan lebih tinggi
7)       Jumlah penduduk relatif rendah dengan tingkat kelahiran yang rendah.
8)       Tingkat pendidikan penduduk rata-rata tinggi
9)       Angka kematian bayi kecil

Beberapa usaha yang dikembangkan untuk mencapai menjadi negara maju antara lain adalah:
1.       Mengembangkan semangat kerja yang produktif melalui disiplin, tanggung jawab, ketekunan dan keuletan, serta jujur.
2.       Meningkatkan pendidikan dan keterampilan, untuk meraih setiap peluang kerja dan meningkatkan penguasan teknologi.
3.       Memperluas lapangan kerja melalui industrialisasi.

Beberapa keunggulan industri dalam memacu pertumbuhan ekonomi suatu negara antara lain:
1.       Dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak;
2.       Meningkatkan pendapatan penduduk;
3.       Proses produksi lebih banyak dan beragam, sehingga dapat lebih memenuhi kebutuhan masyarakat akan berbagai barang yang diperlukan dalam keseharian;
4.       Perputaran modal lebih cepat dan keuntungan yang diterima lebih cepat;
5.       Memacu pembangunan sektor lain. Dengan adanya industri maka dibutuhkan berbagai sarana dan prasarana lain, seperti jalan, listrik, pasar, sarana komunikasi, dan sebagainya.



Cube: LATIHAN 1

TUGAS KELOMPOK
Setelah mempelajari uraian materi di atas, buatlah kelompok kerja yang terdiri atas 4 – 5 anak!
Lakukan kerja diskusi kelompok tugas berikut!
1.       Perhatikan data tentang negara maju dan berkembang di dunia pada tabel di bawah ini!

Tabel Kondisi Negara Maju dan Berkembang di Dunia Tahun 2011
NO
INDIKATOR
KELOMPOK
NEGARA MAJU
NEGARA BERKEMBANG
DUNIA
1
Jumlah Penduduk
1.241.580.000
5.745.371.000
6.986.951.000
2
Pertumbuhan Penduduk (%)
0,2
1,4
1,2
3
Rata-rata Kematian Bayi
5
48
44
4
Rata-rata Kelahiran
1,7
2,6
2,5
5
Prosentase Penduduk tinggal di kota
75
46
51
6
Pendapatan Perkapita (US$)
32.47
5,44
10,24
7
Kepadatan Penduduk per kilometre persegi
27
69
51
8
Luas Wilayah (mil2)
19.814.584
31.975.017
51.789.601

Sumber: World Population Data Sheet 2011
Berdasarkan data di atas, diskusikan dengan kelompokmu tentang keadaan negara maju dan negara berkembang dari berbagai aspek yang tertera pada tabel!
Hasil diskusi: ..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.       Perhatikan data demografi negara maju dan berkembang di dunia pada tabel di bawah ini!

Tabel Kondisi Demografi Negara Maju dan Berkembang di Dunia Tahun 2011
NO
ASPEK
DUNIA
NEGARA MAJU
NEGARA BERKEMBANG


1

JUMLAH PENDUDUK
6.986.951.000
1.241.580.000
5.745.371.000






2


Jumlah Kelahiran per


Tahun
139,558,000
14,070,000
125,488,000

Hari
382,351
38,548
343,803

menit
266
27
239

3


Jumlah kematian per


Tahun
56,611,000
12,201,000
44,410,000

Hari
155,099
33,427
121,671

menit
108
23
84

4


Pertumbuhan Alami
(Lahir - Mati) per

Tahun
82,947,000
1,869,000
81,078,000

Hari
227,252
5,121
222,132

menit
158
4
154

5


Angka Kematian Bayi per


Tahun
6,078,000
77,000
6,001,000

Hari
16,652
211
16,441

menit
12
0.1
11

      Sumber: World Population Data Sheet Tahun 2011.
Berdasarkan data di atas, diskusikan dengan kelompokmu tentang kondisi demografi negara maju dan negara berkembang! Analisis perbedaan antara kelompok Negara maju dan berkembang!
Hasil diskusi: ..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

A. 2  MEMBUAT PETA WILAYAH NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG


Berdasarkan ciri-ciri yang telah disebutkan sebelumnya dapat diketahui kelompok negara maju dan berkembang adalah sebagai berikut.
1.       Kelompok negara maju
Negara maju terdapat di kawasan benua Eropa (Inggris, Perancis, Belanda, Swiss, Denmark, Swedia, dan Jerman), Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada), kawasan Asia (Jepang), dan kawasan Oceania (Australia dan Selandia Baru).
2.       Kelompok negara berkembang
Negara berkembang terdapat di sebagian besar kawasan Asia (kecuali Jepang), sebagian Afrika (Tanzania, Kongo, Nigeria, Kenya, dan Uganda), dan sebagian Amerika Selatan dan Amerika Tengah (Colombia, Peru, dan Venezuela) .
3.       Kelompok negara dunia ketiga
Dalam tingkat lebih rendah di bawah negara berkembang adalah negara kurang berkembang dan negara terbelakang (negara dunia ketiga). Sebagian besar negara-negara di kawasan Afrika masuk dalam kelompok ini.
4.       Kelompok negara industri baru
Setingkat lebih tinggi di atas negara berkembang yaitu negara industri baru, adalah Singapura, Cina, Hongkong, Korea Selatan, Taiwan (Asia Tenggara dan Asia Timur); Brasil dan Meksiko (Amerika Selatan dan Amerika Tengah); Yunani, Portugal, Spanyol, Yugoslavia (Eropa).

PETA PERSEBARAN NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG
Benua Asia, Afrika, dan Amerika Latin merupakan konsentrasi dari sebagian besar negara sedang berkembang di mana diperkirakan dua pertiga penduduk dunia berada di benua –benua ini. Taraf pembangunan mereka masih rendah dan banyak di antara mereka yang mempunyai pendapatan perkapita kurang dari US $ 770 yang merupakan garis batas untuk disebut negara berpendapatan rendah (HDR, 2002). Nilai tersebut tentu saja sangat rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju yang sekarang ini kebanyakan berpendapatan per-kapita lebih dari US $ 9.000.
Pada saat sekarang ini terdapat dua organisasi internasional yang beranggotakan kelompok negara maju dan kelompok negara berkembang. Organisasi yang beranggotakan negara-negara maju disebut G8, sedangkan yang beranggotakan negara-negara berkembang adalah G15.
G8 (singkatan dari Group of Eight; Bahasa Indonesia: Kelompok Delapan) adalah koalisi delapan negara termaju di dunia: Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia.
        Group of 15 (G15; bahasa Indonesia: Kelompok Lima Belas) didirikan pada Pertemuan Puncak Gerakan Non-Blok di Beograd, Yugoslavia pada September 1989. Organisasi ini terdiri dari negara-negara dari Amerika Latin, Afrika, dan Asia dengan tujuan meningkatkan pertumbuhan dan kemakmuran. G15 memfokuskan pada kerja sama di antara negara berkembang di bidang investasi, perdagangan, dan teknologi. Anggota G15 telah berkembang menjadi 17 negara, namun namanya tetap tidak berubah
Anggota G15 terdiri dari Aljazair, Argentina, Brasil, Chili, India, Indonesia, Jamaica, Kenya, Malaysia, Meksiko, Mesir, Nigeria, Peru, Senegal, Sri langka, Venezuela, Zimbabwe.
Negara di Asia yang pada mulanya dianggap sebagai negara berkembang tetapi sekarang dianggap sebagai negara yang mempunyai taraf pembangunan yang telah hampir mencapai taraf negara-negara maju adalah Korea Selatan, Singapura, Taiwan, dan Hongkong. Mereka sering disebut sebagai New Industrializating Countries (NICs).
Cube: LATIHAN 2
TUGAS KELOMPOK
*       Buatlah kelompok kerja yang terdiri atas 4 – 5 anak!
*       Lakukan kerja diskusi kelompok tugas berikut

                Pelajari kembali pengelompokan negara maju dan berkembang   berdasarkan HDI/IPM tahun 2009, kemudian buatlah peta persebaran negara maju dan negara berkembang berdasarkan data tersebut. Kalian tinggal melengkapi peta berikut ini!
             
           
TUGAS MANDIRI
Tulislah nama negara-negara maju, Negara berkembang dan negara terbelakang pada kolom berikut ini!
No.
Nama Negara Maju
No.
Nama Negara Berkembang
No.
Nama Negara Terbelakang
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................
..........................

 

A. 3  CONTOH NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

1.      PRANCIS

a.       Letak, Batas dan Luas
1)       Letak astronomis
Secara astronomis Prancis terletak antara 42oLU – 51oLU dan 5oBB – 8oBT.
2)       Batas Geografis
Negara Prancis terletak di Eropa Barat dengan batas-batas sebagai berikut:
- sebelah barat laut          : Selat Inggris
- sebelah barat                  : Teluk Biscay dan Samudra Atlantik
- sebelah selatan              : Spanyol dan Laut Tengah
- sebelah timur                 : Swiss dan Italia
- sebelah timur laut         : Jerman, Luxembourg, dan Belgia
3)       Luas
Luas wilayah negara Prancis ± 674.843 km2.

b.       Bentang Alam
Secara garis besar, bentang alam di Prancis adalah sebagai berikut.
1)       Di bagian barat merupakan dataran yang berbatasan dengan Samudra Atlantik.
2)       Di bagian timur permukaannya kasar dengan pegunungan tinggi. Puncak tertingginya adalah Mont  Blanc (4.831 m) yang merupakan puncak tertinggi di Eropa Barat.
3)       Di bagian tengah berbukit-bukit, pegunungan rendah, dataran yang sempit, dan lembah-lembah.
Sungai utama di
Prancis adalah Seine, Loire, Garonne, Rhone, dan Rhein. Di Prancis terdapat danau yaitu Danau Jenewa.
c.        Iklim
Iklim di Prancis dikelompokkan sebagai berikut.
1)       Iklim laut berada di bagian barat dan utara.
2)       Iklim peralihan berada di Tanah Tengah, Vosges, Yura, dan Alpen. Pada musim dingin terjadi hujan salju.
3)       Iklim di daerah bayangan hujan berada di daerah Sungai Rhone dan S. Saone.
4)       Iklim mediterania berada di bagian selatan.
d.       Penduduk
Wilayah Prancis selain didiami oleh penduduk asli, juga didiami oleh imigran asing yang berasal dari Italia, Portugal, Maroko, dan Tunisia.
Mayoritas penduduk menganut agama Katholik Roma, selebihnya Protestan, Islam, dan Yahudi. Pada pertengahan tahun 2011 penduduk Prancis berjumlah ± 63,3 juta jiwa, dengan tingkat pertumbuhan alami 0,4%. Kota-kota yang sangat padat di antaranya Paris, Lyon, Merseille di tepi Laut Tengah. Kepadatan penduduknya mencapai 115 tiap km2, dengan pendapatan per kapita US $ 33.950 (th. 2011), angka harapan hidupnya 82 tahun.
e.        Kegiatan Ekonomi
1)       Pertanian
Pertanian dilakukan dengan mempergunakan teknologi modern, baik dalam proses penanaman maupun pengolahan hasil. Hasil pertanian Perancis adalah sebagai berikut.
(a)     Anggur, Perancis merupakan penghasil anggur terbesar kedua di dunia setelah Italia. Anggur banyak dihasilkan di Champagne, Bordeaux, dan Medoe.
(b)     Apel di Bretagne dan Normandia.
(c)     Gandum di Cekungan Paris dan Flandre.
(d)     Gula bit dan umbi-umbian di bagian utara.
2)       Perindustrian
Hasil-hasil industri negara Perancis antara lain sebagai berikut:
(a)     Paris dan Toulouse terdapat industri pesawat terbang.
(b)     Valenciennes, Rennes, dan Strasbourg terdapat industri mobil.
(c)     Fas – Sur – Mer terdapat industri baja, penyulingan minyak, dan petrokimia.
(d)     Lotharingen dan Lorraine menjadi lokasi industri besi dan batu bara.
(e)     St. Etienne dan He Crousof merupakan pusat industri mesin dan senjata.
(f)      Lyon dan Lille terdapat industri tekstil dan sutra.
3)       Peternakan
Peternakan terdapat di Cevennes dengan pusatnya di Roquefort. Hewan ternaknya adalah sapi dan babi. Hasilnya adalah susu, daging, dan keju.
4)       Perikanan
Perikanan terutama berada di kawasan pantai barat. Penangkapan dipusatkan di Pantai Armorica. Hasilnya berupa ikan haring, tuna, kod, kerang, dan lain-lain. Tempat penghasil tiram terbesar adalah Cancale.
5)       Pertambangan
(a)     Bijih besi di Lorraine dan Saar.
(b)     Fosfat di Lorraine
(c)     Bauksit di Provence, Brignoles, dan Largentiere.
(d)     Batu bara di Lorraine, Nord, dan Puy de Calais.
(e)     Minyak bumi di Ladang Parantis di Landes, Ladang Lacq di Pegunungan Pyrenia merupakan sumber gas alam terbesar.
(f)      Potas di Alsace.
f.        Pemerintahan
        Republik Perancis adalah sebuah negara kesatuan semi presidensial dengan tradisi demokrasi yang kuat. Kepala negara adalah seorang Presiden yang dipilih dalam pemilu untuk masa jabat 5 tahun sedangkan yang memimpin pemerintahan adalah Perdana Menteri yang ditunjuk oleh presiden. Presiden Perancis saat ini adalah Nicolas Sarkozy sedangkan yang menjabat Perdana Menteri adalah François Fillon.

2.      INGGRIS

Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara (bahasa Inggris: United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland) atau umumnya dikenal sebagai Inggris, Inggris Raya, atau pula Britania Raya adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Barat di antara Laut Utara dan Samudra Atlantik
a.       Letak, Batas, Luas
1)       Letak Astronomis
Secara astronomis, Inggris berada di antara 50oLU – 61oLU dan 8oBB – 2oBT
2)       Batas Geografis
Batas negara Inggris adalah sebagai berikut.
- Sebelah Utara                     : Laut Norwegia
- Sebelah Timur                   :  Laut Utara
- Sebelah Selatan :  Selat Inggris
- Sebelah Barat                     : Samudra Atlantik dan Irlandia
3)       Luas
Luas Negara Inggris   adalah 244.820 km2 .
b.       Bentang Alam
Bentang alam Inggris secara garis besar dapat diuraikan sebagai berikut.
1)       Pegunungan
Daerah pegunungan terdapat di Inggris bagian utara dan barat, meliputi wilayah Wales dan Scotlandia. Pegunungan di wilayah ini adalah Pegunungan Grampian, Pegunungan Pennine, dan Pegunungan Cumbrian. Puncak tertinggi negara ini adalah Gunung Ben Nevis (1.343 m) yang berada di Skotlandia.
2)       Dataran Rendah
Dataran rendah terdapat di bagian timur dan selatan. Di wilayah ini terdapat pegunungan rendah yaitu Pegunungan Pennine .
3)       Sungai-sungai utama
Sungai di Inggris antara lain Sungai Thames yang mengalir membelah kota London dan bermuara ke Laut Utara, Sungai Severn bermuara ke Teluk Bristol. Sungai di Inggris umumnya pendek-pendek.

c.        Iklim
Inggris beriklim laut sedang yang sejuk dan basah. Hal ini disebabkan oleh pengaruh angin laut. Daerah pesisir barat lebih sejuk dan basah. Pada daerah yang tinggi di daerah pegunungan dan Irlandia utara, musim dingin terjadi salju yang tipis.
d.       Keadaan Penduduk
Jumlah penduduk Inggris pada pertengahan tahun 2011 ± 62,7 juta jiwa, dengan tingkat pertumbuhan alami 0,4% per tahun. Penduduk asli Inggris terdiri atas dua kelompok yaitu sebagai berikut.
1)       Bangsa Kelt, meliputi orang Skot, Irlandia, dan Wales.
2)       Bangsa Jerman, meliputi orang Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman.
Agama yang dianut penduduk Inggris adalah Kristen Anglikan (86%), lainnya Islam, Yahudi, dan Hindu.
Pendapatan per kapita pada tahun 2011 sebesar US $ 35.860. Angka harapan hidup penduduk Inggris juga cukup tinggi, yaitu 80 tahun.
e.        Kegiatan Ekonomi
1)       Pertanian
Kegiatan pertanian di Inggris banyak diusahakan di daerah dataran rendah bagian selatan dan timur, serta daerah pegunungan. Hasil-hasilnya antara lain: gandum, barley, tebu, sayur-sayuran, dan buah-buahan.
2)       Peternakan
Kegiatan peternakan di Inggris diusahakan di berbagai daerah terutama di daerah lembah. Jenis hewan yang diternak adalah sapi potong di Lembah Northern Highland timur laut), sapi perah di bagian barat Central Lowland, domba di Lembah Tweed, Babi di daerah Yorkshire dan Lancashire.
3)       Perindustrian
Jenis-jenis industri yang ada di Inggris antara lain:
(1)      Industri galangan kapal di kota Greenoch dan Peasly
(2)      Industri tekstil di kota manchester, Glasgow, dan Lanchashire.
(3)      Industri kain wol di kota Branford dan Leeds
(4)      Industri Sutra tiruan di kota Yorkshire dan Lanchashire
(5)      Industri lokomotif, rel kereta api, mesin-mesin, pesawat terbang terdapat di kota Birmingham.
(6)      Industri kimia di kota London
(7)      Industri mobil dan sepeda di kota Coventry
4)       Pertambangan
Minyak bumi dan batu bara merupakan hasil pertambangan terbesar di Inggris. Hasil-hasil pertambangan yang lain adalah tembaga, seng, mangan, timah, dan bijih besi.
5)       Perdagangan
(1)      Ekspor Inggris berupa pesawat terbang, mesin-mesin industri, mobil, bahan kimia, mesin-mesin pertanian, tekstil, dan alat-alat elektronik.
(2)      Impor Inggris berupa minyak bumi, bijih besi, karet, kapas, tembakau, dan belerang.
f.        Pemerintahan
Bentuk pemerintahan Inggris adalah kerajaan (monarki) konstitusional. Kepala negaranya adalah ratu yang saat ini adalah Ratu Elizabeth II (sejak 1952), sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri, yang saat ini dijabat oleh James Gordon Brown (sejak 27 June 2007).
Inggris terdiri atas empat negara bagian, yaitu Inggris (England), Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

3.      JEPANG

    Jepang merupakan sebuah negara di Asia Timur yang terletak di suatu rantai kepulauan benua Asia di ujung barat Samudra Pasifik. Letaknya yang paling timur menyebabkan negara ini mendapat penyebutan Negeri Matahari Terbit. Negara Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia.
a.       Letak, Batas dan Luas
1)       Letak
Secara astronomis Jepang terletak pada 30oLU – 47oLU dan 128oBT – 146oBT.
2)       Batas
Negara Jepang terletak di Asia Timur dengan batas-batas sebagai berikut:
- sebelah utara  : Pulau Sakhalin (milik Rusia) dan Laut Okhotsk
- sebelah barat  : Laut Jepang dan Selat Korea
- sebelah selatan: Laut Cina Timur
- sebelah timur : Samudra Pasifik
3)       Luas
Luas wilayah negara Jepang + 377.835 km2. Jepang merupakan negara kepulauan, yang terdiri atas ribuan pulau dan terdapat empat pulau besar, yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Pulau terbesar adalah Honshu yang luasnya 230.948 km2.

b.       Bentang Alam
        Jepang merupakan salah satu negara di kawasan Asia Timur. Letaknya yang paling timur menyebabkan negara ini mendapat sebutan Negeri Matahari Terbit. Jepang dikelilingi laut. Arus hangat dan dingin mengalir melalui laut-laut di sekitarnya, sehingga membentuk lingkungan yang mendukung berkembangnya berbagai spesies ikan.
        Wilayah Jepang sebagian besar bergunung-gunung yang merupakan bagian dari Sirkum Pasifik dan banyak terdapat gunung api. Puncak tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji atau Fujiyama atau Fujisan yang tingginya 3.776 m.
Dataran rendah di Jepang sangat sempit, yaitu sekitar 16% dari luas daratan. Daratan rendah tersebut terdapat di sepanjang pantai. Dataran rendah yang agak luas terdapat di daerah Kwanto, Kinki, dan Nobi. Pantai Jepang memiliki banyak teluk sehingga sesuai untuk pelabuhan.
Sungai-sungai di Jepang pendek-pendek, dangkal, dan alirannya deras, serta banyak riam-riam dan air terjun sehingga tidak cocok untuk lalu lintas air, tetapi sangat baik untuk pembangkit listrik (PLTA) yang sering disebut sebagai batu bara putih.
c.        Iklim
Iklim di Jepang dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu sebagai berikut.
1)       Letak lintangnya yang berada di antara 30oLU – 47oLU sehingga beriklim subtropis dan sedang.
2)       Bentuk kepulauannya yang dikelilingi oleh laut dan Samudra Pasifik yang mengalir dua arus laut, yaitu arus dingin (Oyasyiwo) dan arus panas (Kurosyiwo).
3)       Angin muson yang bertiup melalui kepulauan tersebut.
Negeri Jepang mempunyai empat musim yang jelas batasnya. Dua dari pemandangan yang paling indah di Jepang adalah ketika bunga sakura bermekaran di musim semi dan dedaunan berubah menjadi warna-warni merah, jingga, dan kuning yang mempesonakan pada musim gugur.
d.       Penduduk
Penduduk asli Jepang adalah Ainu. Penduduk Jepang termasuk ras Mongoloid. Mayoritas memeluk kepercayaan Shinto, yaitu kepercayaan yang menyembah dewa matahari (Amaterasu). Jepang merupakan negara berpenduduk besar. Jumlah penduduk Jepang pada pertengahan tahun 2011 berjumlah 128,1 juta jiwa, menempati urutan sembilan negara-negara berpenduduk banyak, dengan  tingkat pertumbuhan alami -0,1% per tahun dan kepadatan 339 jiwa/km2.
Pendapatan per kapita pada tahun 2011 sebesar US $ 33.440. Angka harapan hidup penduduk Jepang juga cukup tinggi, yaitu 83 tahun.
e.        Kegiatan Ekonomi
1)       Perindustrian
Jepang merupakan negara maju dalam sektor industri. Faktor-faktor pendukung majunya industri di Jepang adalah sebagai berikut.
(a)     Tersedianya tenaga kerja ahli dan terampil.
(b)     Kaya akan air terjun sebagai PLTA atau sering disebut sebagai batu bara putih.
(c)     Tersedianya modal yang cukup.
(d)     Sistem perhubungan yang baik di dalam negeri, terutama dengan kereta api.
(e)     Memiliki pelabuhan alam yang banyak sehingga memudahkan pengangkutan barang-barang ekspor impor.
(f)      Upah buruh relatif murah.
(g)     Penduduk Jepang suka bekerja keras dan berdisiplin tinggi.
(h)     Jangkauan pemasaran hasil industrinya luas, meliputi dalam dan luar negeri.
(i)      Melaksanakan politik dumping, yaitu menjual barang ke luar negeri lebih murah untuk menguasai pasaran.


Daerah-daerah industri terpenting di Jepang adalah sebagai berikut.
(a)     Daerah industri Keihin di Dataran Kwanto terletak di sekitar Teluk Tokyo. Daerah ini terdapat industri baja, mobil, galangan kapal, alat listrik, elektronik, tekstil, kimia, kamera, penyulingan minyak, kertas, dan percetakan. Kota industrinya ialah Tokyo, Yokohama, dan Kawasaki.
(b)     Daerah industri Hanshin di Dataran Kinki sekitar Teluk Osaka.
Kota-kota industrinya adalah:
-          Osaka     : industri tekstil terbesar.
-          Kyoto     : industri kerajinan tangan, mainan anak-anak, dan industri sutra.
-          Kobe      : industri mobil, galangan kapal, besi baja, mesin, penyulingan minyak, kimia, dan alat-alat listrik.
(c)     Daerah industri Chukyo terletak di Dataran Nobi sekitar Teluk Ise.
        Daerah industri ini meliputi:
-          Nagoya : industri pesawat terbang, elektronika, lokomotif, dan kereta api.
-          Hamamatsu : industri alat-alat musik.
(d)     Daerah industri Kitakyushu terletak di bagian utara Pulau Kyushu.
        Daerah industri ini meliputi kota:
-          Yawata : industri besi baja terbesar.
-          Nagasaki: industri galangan kapal.
2)       Pertanian
Pertanian di Jepang sangat maju, walaupun lahan pertaniannya hanya 16% dari luas daratannya. Majunya pertanian di Jepang disebabkan oleh sebagai berikut.
(a)     Lahan pertaniannya terdiri atas tanah vulkanis yang subur.
(b)     Pertaniannya dikerjakan secara intensif dan mekanis.
Hasil pertaniannya berupa padi, gandum, kentang, kacang, kedelai, teh, murbei, dan buah-buahan. Hasil pertanian yang diekspor ialah teh hijau, tembakau, dan gula
3)       Perikanan
Jepang merupakan negara penghasil ikan yang cukup besar di dunia. Faktor penunjang majunya perikanan di Jepang adalah sebagai berikut.
(a)     Lautnya kaya akan ikan karena merupakan tempat bertemunya arus panas Kurosyiwo dengan arus dingin Oyasyiwo.
(b)     Menggunakan teknologi dan alat-alat penangkapan yang modern.
(c)     Mempunyai pelabuhan-pelabuhan alami yang baik untuk dermaga perikanan
(d)     Besarnya armada perikanan dengan jangkauan penangkapan ikan yang jauh dan luas.
Hasil-hasil perikanan ialah ikan haring, salmon, sardin, kerang, mutiara, tuna, hiu, dan paus. Selain itu juga dihasilkan rumput laut.

4)       Pertambangan
Hasil pertambangan negara Jepang tidak begitu banyak, sehingga masih harus mengimpor dari negara lain. Hasil tambang Jepang adalah sebagai berikut.
(a)     Bijih besi: di Pulau Honshu
(b)     Batu bara: di Pulau Hokkaido, Honshu, dan Kyushu
(c)     Minyak bumi: di Pulau Honshu dan Hokkaido
f.         Bentuk pemerintahan
        Bentuk pemerintahan Jepang adalah kerajaan/kekaisaran konstitusional. Kepala negaranya adalah seorang kaisar yang ditetapkan sebagai lambang negara dan kesatuan bangsa. Pada saat ini kaisar Jepang adalah Kaisar Akihito (sejak 1989). Kepala pemerintahannya dipegang oleh perdana menteri, sejak 30 Agustus 2011 dipegang oleh Yoshihiko Noda menggantikan Yukio Hatoyama.


4.      INDIA


a.       Letak, Batas, Luas
1)       Letak astronomis
Secara astonomis, India terletak antara 8oLU – 37oLU dan 67½oBT – 98oBT
2)       Batas
Batas geografis India adalah sebagai berikut:
- Sebelah utara     : Nepal, Bhutan, dan Cina;
- Sebelah timur     : Bangladesh, Myanmar, dan Teluk Benggala;
- Sebelah selatan  : Sri Lanka dan Samudra Hindia;
- Sebelah barat     : Pakistan dan Laut Arab.
3)       Luas
Luas wilayah negara India ± 3,287,590 km2.
               
b.       Bentang Alam
Secara garis besar, bentang alam di India meliputi pegunungan, sungai, dataran rendah, dataran tinggi, gurun, dan daerah pantai. Berikut ini bentang alam di India tersebut.
a)       Pegunungan utama
(1)     Himalaya di utara
(2)     Vindhya di tengah
(3)     Ghats Barat dan Ghat Timur di bagian selatan, yang keduanya bertemu di Bukit Nilgiri
b)       Sungai utama
(1)     Indus, Gangga, dan Brahmaputra yang mengalir di bagian utara dan merupakan sungai permanen karena senantiasa ada sumber air yaitu dari gletser dan air hujan.
(2)     Godavari, Krishna, dan Cauvery yang mengalir di selatan dan ini merupakan sungai hujan.
c)       Dataran rendah
(1)     Dataran Rendah Indus
(2)     Dataran Rendah Gangga (Hindustan)
(3)     Dataran Rendah Brahmaputra (Assam)
d)       Dataran tinggi
Dataran tinggi di India yang cukup terkenal adalah Dataran Tinggi Dekan yang berada di bagian selatan.
e)       Gurun
Di India terdapat gurun, yaitu Gurun Thar yang berada di bagian barat.
f)        Daerah pantai
Daratan pantai di sebelah barat disebut Malabar sedangkan daratan pantai sebelah timur disebut Koromandel.          
c.        Iklim
India beriklim tropis dan subtropis. Iklim tropis berada di selatan dan subtropis di utara. Iklim di India dipengaruhi oleh angin muson. Di India terdapat tiga musim, sebagai berikut:
a)       Musim panas yang terjadi pada bulan Maret – Mei karena bertiup angin muson timur laut yang kering.
b)       Musim hujan yang terjadi pada bulan Juni – September karena bertiup angin muson barat daya yang banyak membawa uap air.
c)       Musim dingin yang terjadi pada bulan Oktober – Februari karena bertiup angin muson timur laut dari daratan Asia yang kering dan dingin.
d.       Penduduk
        Pada pertengahan tahun 2011 jumlah penduduk India 1.241.3000.000 jiwa, dengan tingkat pertumbuhan alami 1,5 %. Kepadatan penduduk 378 jiwa/km2 Pendapatan perkapita pada tahun 2011 sebesar US $ 3.280. Angka harapan hidup 64 tahun.
        Penduduk India terdiri atas bermacam-macam suku bangsa, yaitu sebagai berikut:
a)       Bangsa Hindu berkulit putih, sebagian besar tinggal di daerah Dataran Rendah Hindustan dan lembah-lembah sungai yang subur.
b)       Bangsa Dravida berkulit hitam, merupakan penduduk asli yang tinggal di Dataran Tinggi Dekan (bagian selatan).
c)       Bangsa Mongol, tinggal di daerah Assam, Benggala, dan lereng Pegunungan Himalaya.
d)       Bangsa Munda, tinggal di daerah pegunungan.
Agama yang dianut oleh penduduk India adalah Hindu (85%), Islam (10%), Kristen (2,5%), sisanya animisme.
e.        Kegiatan Ekonomi
a)       Pertanian
India termasuk negara agraris, karena sebagian besar penduduknya hidup dari sektor pertanian. Hasilnya adalah sebagai berikut.
(1)     Padi: ditanam di Lembah Hindustan, Assam, dan Benggala.
(2)     Gandum: ditanam di Punjab, Dekan, dan Hindustan Barat.
(3)     Sorgum: ditanam di Dataran Tinggi Dekan.
(4)     Yute: ditanam di Benggala, Delta Sungai Gangga, Bihar, dan Crissa
(5)     Teh:  ditanam di Assam, Darjeeling, dan Bukit Nilgiri.
(6)     Kapas: ditanam di sekitar Bombay, Lembah Hindustan, Lembah Sungai Gangga, sekitar Madras, dan Dekan bagian barat.
(7)     Tebu: ditanam di Hindustan, delta Sungai Godavari, Lembah Gangga, dan Pantai Malabar.
(8)     Tembakau, kopi, dan kelapa: ditanam di Pantai Malabar.
b)       Peternakan
Hewan ternak yang diusahakan adalah kambing dan domba. Usaha peternakan dilakukan di daerah stepa Dataran Tinggi Dekan.
c)       Pertambangan
Barang-barang tambang yang ada di India adalah sebagai berikut.
(1)     Mangaan, India merupakan penghasil mangaan nomor tiga dan pengekspor nomor satu di dunia. Dihasilkan di Bihar, Madras, Orissa, Madhya Pradesh, Misore, dan dekat Bombay.
(2)     Batu bara, di Nagpur, sebelah barat Kalkuta, dan dekat kota Binaker.
(3)     Bijih besi, terdapat di sekitar Nagpur dan Jamshedpur.
(4)     Emas, di daerah Misore.
(5)     Minyak bumi, di sebelah timur Punhaka.
d)       Perindustrian
Industri yang terdapat di India adalah sebagai berikut.
(1)     Industri yute dan pabrik goni di Kalkuta.
(2)     Industri tekstil di Bombay, Kalkuta, dan Ahmedabad.
(3)     Industri besi baja di Jamshedpur.
(4)     Industri lokomotif di Chittranayan.
(5)     Industri galangan kapal di Vizagapatan.
(6)     Industri perfilman di Bombay.
f.        Bentuk Pemerintahan
India terdiri atas 27 negara bagian ibu kota India adalah New Delhi, dengan istana kepresidenan bernama Rashrapati Bahavan.
Parlemen di India terdiri atas dua badan, yaitu Majelis Rendah atau Lok Sabhā(House of the People), dan Majelis Tinggi atau Rājya Sabhā (Council of States).
Lagu kebangsan India adalah Jana Gana Mana. Bahasa resminya Hindi dan bahasa bantunya Inggris. Satuan mata uang India adalah Rupee.

5.      MEKSIKO

a.       Letak, Batas dan Luas
1)       Letak
Secara astronomis Meksiko terletak antara 15oLU – 32oLU dan 87oBB – 117oBB.
2)       Batas
Batas-batas Meksiko adalah sebagai berikut.
- Batas utara          : Amerika Serikat.
- Batas timur         : Teluk Meksiko, Laut Karibia, Belize, dan Guatemala.
- Batas selatan: Samudra Pasifik.
- Batas barat                          : Samudra Pasifik.
3)       Luas
Luas negara Meksiko hampir sama dengan Indonesia, yaitu 1.972.549 km2.
b.       Bentang Alam
        Wilayah Meksiko sebagian besar berupa pegunungan dan dataran tinggi. Di bagian tengah terdapat Plato Tengah, dikelilingi oleh tiga kisaran pegunungan besar, yaitu Pegunungan Sierra Madre Timur (Sierra Madre Oriental) yang merupakan perpanjangan sebelah selatan Pegunungan Rocky dari Amerika Serikat, Pegunungan Sierra Madre Barat (Sierra Madre Occidental) yang merupakan kelanjutan Pe­gunungan Sierra Nevada di California, dan Pegunungan Sierra Madre Selatan (Sierra Madre del Sur) yang membentang sampai ke Tanah Genting Tahuantepec.
Gunung api di Meksiko, antara lain Pico de Orizaba (5.700 m) merupakan puncak tertinggi di Meksiko, Popocatepetl (5.450 m), Ixtacihuatl (5.286 m), Nevada de Teluca (4.492 m), Nevada de Colima (4.330 m), Cofre de Perote, (4.280 m), dan Paricutin (2.808m).
        Di sebelah timur terdapat dataran pantai Teluk Meksiko yang cukup luas dari perbatasan Texas (AS) sampai ke Semenanjung Yucatan. Di sebelah barat terdapat dataran Pantai Samudra Pasifik yang lebih sempit daripada di timur. Di wilayah ini terdapat Semenanjung California. Di barat laut Meksiko terdapat Gurun Sonora
c.        Iklim
Wilayah Meksiko membujur dari utara ke selatan, sehingga memiliki tiga iklim yang beragam, yaitu:
a)       di bagian utara beriklim subtropis,
b)       di tengah beriklim kontinental, dan
c)       bagian selatan beriklim tropis.
Berdasarkan ketinggiannya, wilayah Meksiko terbagi atas beberapa kawasan, yaitu sebagai berikut.
a)     Zona panas (tierra calienta), ketinggian 0 – 750 m, ditanami jagung, cokelat, kapas, dan nanas.
b)     Zona sedang (tierra templada), ketinggian 750 – 1.825 m, ditanami gandum, jagung, dan kopi.
c)      Zona dingin (tierra fria), ketinggian 1.825 – 3650 m, ditanami kentang, barley, dan kina.
d)     Zona beku (tierra helada), ketinggian di atas 3.650 m, tidak ada tanaman budi daya
d.       Penduduk
Jumlah penduduk Meksiko pada pertengahan tahun 2011 adalah 114, 8 juta jiwa, dengan tingkat pertumbuhan alami 1,4 % per tahun. Pendapatan perkapita tahun 2011 sebesar US $ 14.020. Kepadatan penduduknya 59 jiwa/km2. Daerah yang paling padat penduduknya ialah di bagian selatan Plato Tengah, yaitu dari San Luis Potosi di utara sampai ke Guadalajara. Penduduk asli Meksiko adalah Indian Aztek. Penduduk yang lain ialah kulit putih dan Negro. Penduduk campuran, antara lain Mestis (keturunan bangsa Indian dengan orang kulit putih), Mulat (keturunan orang putih dengan orang Negro), dan Zambo (keturunan Indian dengan Negro). Keturunan orang Spanyol yang lahir di Meksiko disebut Creol, Penduduk terbesar adalah Mestis (60%). Agama yang dianut mayoritas penduduk adalah Katholik.
e.        Kegiatan Ekonomi
a)     Pertanian dan perkebunan
Kegiatan pertanian di Meksiko kebanyakan berada di Plato tengah yang subur karena merupakan lahan vulkanis dan cukup banyak hujan. Hasil utama pertanian adalah jagung, buncis, dan gandum. Selain itu juga dihasil­kan kapas, kopi, dan tebu.
b)     Peternakan
Peternakan dilakukan di daerah pegunungan Mesa Central, yang diternakkan adalah sapi, unggas, kuda, dan babi.
c)      Pertambangan
Hasil tambang negara Meksiko adalah sebagai berikut.
(1)  Perak, Meksiko merupakan penghasil perak terbesar di dunia. Daerah pertambang­annya di Guanajuato, Tazco, Pachuca, Zacatecas, dan San Luis Potosi.
(2)  Tembaga, di Lembah Sungai Salinas.
(3)  Minyak dan gas alam di sepanjang pantai Teluk Meksiko.
(4)  Belerang, di sebelah selatan Veracruz.
d)     Perindustrian
Industri yang ada di negara Meksiko antara lain sebagai berikut.
(1)  Industri tekstil di Mexico City dan Publa.
(2)  Industri baja di Monterrey, Las Truchas, dan Toluca.
Hasil-hasil lain berupa barang kimia, barang elektronik, karet, dan pengolahan minyak bumi.
e)     Perikanan
Daerah perikanan berada di lepas pantai Pasifik terutama di Teluk California. Selain itu juga berada di Teluk Meksiko. Hasil tangkapan utama adalah ikan sarden, tuna, dan udang.
f)       Perdagangan
Komoditas ekspor utama Meksiko adalah perak, minyak mentah, tembaga, dan hasil pertanian. Impornya antara lain mesin-mesin, bahan mentah, dan bahan pangan.
f.        Pemerintahan
Bentuk pemerintahan Meksiko adalah republik dengan kepala negara dan kepala pemerintahan presiden yang dipilih untuk masa jabatan enam tahun. Presiden saat ini bernama Vicente Fox (sejak 2000). Lagu kebangsaannya “Mexicanos Al Grits Guera”. Bahasa resmi adalah Spanyol. Satuan mata uangnya adalah Peso Meksiko.

6.      KENYA

a.       Letak, Batas, Luas
1)       Letak Astronomis
Secara astronomis Kenya terletak pada 4o LU – 4oLS dan 34oBT – 42oBT.
2)       Batas Geografis
Batas-batas Kenya adalah sebagai berikut:
- Sebelah Utara     : Ethiopia
- Sebelah barat Laut            : Sudan
- Sebelah Barat     : Uganda
- Sebelah Timur   : Somalia
- Sebelah Tenggara              : Samudera Hindia
- Sebelah Selatan                 : Tanzania
3)       Luas
Luas negara Kenya mencapai 582.646 km2               
b.       Bentang Alam
Topografi Kenya sangat beragam, dari dataran pantai, dataran tinggi, basin sampai pegunungan. Secara keseluruhan dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu daerah pantai/pesisir, dataran tinggi dan lembah yang luas, padang rumput dan semak-semak belukar yang kering, Sungai Tana dan Sungai Athi merupakan sungai utama. Gunung Kenya adalah puncak tertingginya.
c.        Iklim
Kenya beriklim tropis, karena itu flora dan faunanya sangat beragam.
d.       Penduduk
Jumlah penduduk Kenya mencapai 41,6 juta jiwa (tahun 2011) dengan pertumbuhan penduduk 2,7 % per tahun. Kepadatannya 72 jiwa/km2. Pendapatan perkapitanya US $ 1.570 (Th. 2011) Sebagian besar penduduknya tinggal di pedesaan (81%), tepatnya di dataran tinggi tenggara, daerah ini sangat padat penduduknya yaitu mencapai 129 orang/km2, di daerah lain khususnya utara dan timur kepadatannya hanya 4 orang/km2. Suku bangsa terdiri dari: 21% bangsa Kikuyu, 13 % bangsa Lua, 14 % bangsa Luhya, 11 % bangsa Kelinjin dan 11 % bangsa Kamba.
e.        Kegiatan Ekonomi
a)     Pertanian
Pertanian merupakan mata pencaharian utama penduduk Kenya. Iklim tropis dan tanah yang subur sangat mendukung untuk usaha pertanian di Kenya. Hasilnya pertaniannya antara lain gandum, jagung kopi, teh, tembakau dan piretrum. Piretrum dijadikan bahan insektisida.
b)     Peternakan
Hewan ternak yang diusahakan adalah sapi, domba, kambing dan unta. Usaha peternakan dilakukan di daerah padang rumput yang luas. Kenya dikenal sebagai negara penghasil susu.
c)      Pertambangan
Barang-barang tambang yang dihasilkan di Kenya adalah barang tambang yang bukan logam antara lain asbes, batu gamping, minyak bumi, emas dan garam. Penambangan emas dilakukan di sekitar Danau Victoria
d)     Perindustrian
Kegiatan industri di Kenya terbatas pada industri yang mengolah hasil pertanian dan industri pariwisata Iklim yang sangat nyaman dan banyaknya jenis margasatwa yang hidup di Kenya merupakan daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Taman Nasional Suka Margasatwa Tsavo yang terletak antara Nairobi dan Mombasa merupakan salah satu suaka margasatwa terbesar di Kenya. Tapi yang paling menarik di Kenya adalah Taman Nasional Nairobi yang terletak di dekat ibu kota negara Kenya.
f.        Pemerintahan
Kenya adalah republik demokrasi perwakilan dengan sistem presidensial, di mana Presiden Kenya menjadi kepala negara dan kepala pemerintahan sekaligus. Negara ini juga memakai sistem multipartai. Kekuasaan eksekutif dipegang oleh pemerintah, yang juga memegang kekuasaan legislatif bersama National Assembly. Kekuasaan yudisial tidak dipengaruhi oleh dua kekuasaan tersebut.

Cube: LATIHAN 3
TUGAS KELOMPOK
Untuk lebih mengenal negara-negara yang telah kalian pelajari, buatlah kelompok kerja yang terdiri atas 4 – 5 anak! Siapkan atlasmu dan lakukan kerja diskusi kelompok tugas berikut!
I.        Perhatikan Peta Berikut ini!
     1. Negara Perancis
1.       Letak Astronomis Perancis: ........... - ............dan  .................... - ...............
2.       Batas Wilayah:
     A = Negara .............................
     B = Negara .............................
     C = Negara .............................
     D = Negara .............................
     E = Negara .............................
     F = Negara .............................
    L1 = Laut ...............................
    L2 =  Laut ...............................
    Tl = Teluk .............................
3.       Kota-Kota Utama:
1 = Kota ................. 5 = Kota ..........
2 = Kota .................. 6 = Kota .........
3 = Kota .................. 7 = Kota .........
4 = Kota .................. 8 = Kota .........                          
4.       Sungai Utama :
S1 = Sungai .......................
S2 = Sungai .......................
S3 = Sungai .......................
2. Negara Inggris
1              : Negara Bagian...........................
2              : Negara Bagian...........................
3              : Negara Bagian...........................
4              : Negara Bagian...........................
5              : Negara .....................................
Sm          : Samudera .................................
L1           : Laut ....................................
L2           : Laut ....................................
Sl            : Selat .................................
A             : Kota ...................................
B             : Kota ...................................
C             : Kota ...................................
D             : Kota ...................................
E             : Kota ...................................


3. Negara Jepang
Letak Astronomis Jepang: ............... - ..................... dan ................... - ......................
1.       Batas Wilayah:
                                                                                        L1 = Laut ........................   Sm = Samudera............
                                                                                        L2 = Laut ........................   Sl  = Selat               
2.       Pulau Utama:
                                                                                        1 = Pulau .............................
                                                                                        2 = Pulau .............................
                                                                                        3 = Pulau .............................
                                                                                        4 = Pulau .............................
3.       Kota-kota Utama:
      A = Kota .................  E = Kota .........
      B = Kota .................. F = Kota .........
      C = Kota ..................
      D = Kota ..................
4.       Gn = ………………………

4.  Negara INDIA
1.       Letak astronomis India:  ............ - ............
      dan ...................... - ..............................
2.       Batas Wilayah:
     A = Negara .............................
     B = Negara .............................
     C = Negara .............................
     D = Negara .............................
     E = Negara .............................
     L1 = Laut ................................
     L2 = Laut ................................
     T1 = Teluk ...............................
      1 = Kota ....................... 5 = Kota ..........
      2 = Kota ....................... 6 = Kota ..........
      3 = Kota ....................... 7 = Kota ..........
      4 = Kota ....................... 8 = Kota ..........
4.    Bentang Alam
      Gr = Gurun ..................................
      Pg. 1 = Peg. .................................
      Pg. 2 = Peg ..................................
      Pg. 3 = Peg.
      S1 = Sungai .................................                   S3 = Sungai ...................................
      S2 = Sungai .................................                   S4 = Sungai ...................................

5.  Negara Meksiko
1.       Letak astronomis Meksiko:
     ..............- .................. dan ........................ - ...................
2.       Batas Wilayah:
     A = Negara ................................
     B = Negara ................................
     C = Negara ................................
3.       Bentang Alam:
      L = Lautan ................................
      T1 = Teluk.................................
      T2 = Teluk ................................
      Sm1 = Semenanjung .................
      Sm2 = Semenanjung .................
      P1 = Pegunungan ......................
      P2 = Pegunungan ......................
      P3 = Pegunungan ......................
      G1 = Gunung ............................
       G2 = Gunung............................
       G3 = Gunung ....................................
       S   = Sungai .....................................
4. Kota-kota utama:
     1 = Kota ..........................................             4 = Kota ....................................
     2 = Kota ..........................................             5 = Kota ....................................
     3 = Kota ..........................................             6 = Kota ....................................

6.   Negara Kenya
1.       Letak astronomis Kenya: .......................... - .....................
      dan ....................... - .................................
2.       Batas wilayah:
     A = Negara .............................
     B = Negara .............................
     C = Negara .............................
     D = Negara .............................
     E = Negara .............................
     S = Samudera ................................
3.       Gn = Gunung ..........- tinggi .......m
4.       L = Lembah...................................
5.       Kota Utama:
      1 = Kota ..........................
      2 = Kota ..........................


Cube: 3. Tugas pengayaan

Pelajari kembali uraian materi di atas, jika perlu cari juga data dari internet, untuk melengkapi tabel kehidupan sosial ekonomi negara-negara maju dan berkembang berikut ini!

1.       Prancis dan Inggris

No
Rumusan Masalah
Penjelasan
Perancis
Inggris

1
2
3
4
5
6

7
8
9



















10.

11.

Keadaan Penduduk
Jumlah Penduduk
Pertumbuhan Pddk
Kepadatan Penduduk
Suku Bangsa
Agama
Bahasa
Kehidupan Ekonomi
Pendapatan Perkapita
Mata Uang
Kegiatan Ekonomi
a.        Pertanian


b.       Peternakan


c.        Pertambangan


d.       Perindustrian


e.        Komoditas ekspor utama

f.         Komoditas impor

Kerjasama dengan Indonesia
Bilateral melalui

Internasional  melalui

.............jiwa pd th ............
.................%
..................jiwa/km
.........................................
.........................................
.........................................

..................pd th ..............
.........................................

........................................
........................................

........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................


........................................
........................................
........................................
........................................

.............jiwa pd th ............
.................%
..................jiwa/km
.........................................
.........................................
.........................................

...................pd th ……….
.........................................

........................................
........................................

........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................


........................................
........................................
........................................
........................................
2.       Jepang dan India

No
Rumusan Masalah
Penjelasan
Jepang
India

1
2
3
4
5
6

7
8
9



















10.

11.

Keadaan Penduduk
Jumlah Penduduk
Pertumbuhan Pddk
Kepadatan Penduduk
Suku Bangsa
Agama
Bahasa
Kehidupan Ekonomi
Pendapatan Perkapita
Mata Uang
Kegiatan Ekonomi
a.        Pertanian


b.       Peternakan


c.        Pertambangan


d.       Perindustrian


e.        Komoditas ekspor utama

f.         Komoditas impor

Kerjasama dengan Indonesia
Bilateral melalui

Internasional  melalui

.............jiwa pd th ............
.................%
..................jiwa/km
.........................................
.........................................
.........................................

..................pd th ..............
.........................................

........................................
........................................

........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................


........................................
........................................
........................................
........................................

.............jiwa pd th ............
.................%
..................jiwa/km
.........................................
.........................................
.........................................

...................pd th ……….
.........................................

........................................
........................................

........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................


........................................
........................................
........................................
........................................

3.       Meksiko dan Kenya

No
Rumusan Masalah
Penjelasan
Meksiko
Kenya

1
2
3
4
5
6

7
8
9



















10.

11.

Keadaan Penduduk
Jumlah Penduduk
Pertumbuhan Pddk
Kepadatan Penduduk
Suku Bangsa
Agama
Bahasa
Kehidupan Ekonomi
Pendapatan Perkapita
Mata Uang
Kegiatan Ekonomi
a.        Pertanian


b.       Peternakan


c.        Pertambangan


d.       Perindustrian


e.        Komoditas ekspor utama

f.         Komoditas impor

Kerjasama dengan Indonesia
Bilateral melalui

Internasional  melalui

.............jiwa pd th ............
.................%
..................jiwa/km
.........................................
.........................................
.........................................

..................pd th ..............
.........................................

........................................
........................................

........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................


........................................
........................................
........................................
........................................

.............jiwa pd th ............
.................%
..................jiwa/km
.........................................
.........................................
.........................................

...................pd th ……….
.........................................

........................................
........................................

........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................

.........................................
.........................................


........................................
........................................
........................................
........................................




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar